LAPORAN PERTEMUAN 5 (Kelas)




LAPORAN PERTEMUAN (Kelas)
MEMBUAT FORM MAHASISWA DENGAN DATABASE
   1.       pertama kita harus membuat beberapa function seperti dibawah ini pada file form_db.php di folder controller.


  2.       Kedua kita lanjutkan coding diatas dengan membuat beberapa function juga untuk data mahasiswa, seperti gambar berikut di file yang sama dan folder yang sama.

  3.       Selanjutnya kita akan membuat modelnya untuk menghubungkan controller dan view nya berikut source codenya. Dengan nama file mymodel.php pada folder model.
   4.       Selanjutnya kita akan membuat view nya untuk bias ditampilkan pada web browser, serta menghubungkan antara model dan controllernya, berikut source code nya. Dengan nama file form_view_db.php pada folder view.

5.       Masih file yang sama dan folder yang sama dengan menambah code berikut ini dibawahnya

  6.       Selesai ngoding baru kita jalankan di web browser dengan cara mengetikkan http://localhost/CodeIgniter_2.2.0/index.php/form_db. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

  7.       Kita akan mengisi setiap kolomnya untuk melihat apakah data tersebut dapat dimasukkan dalam database, dan jangan lupa buat databasenya terlebih dahulu dengan database “mhs” dan dengan table “data”, dan jangan lupa mengkoneksikannya pada database pada file config/database.php, cantumkan nama database anda. Seperti berikut

Berikut databasenya :















   8.       Coba kita isi datanya  dan dijalankan seperti berikut, maka akan muncul query berikut ini :
 
   9.       Mengecek mysql apakah data berhasil dimasukkan

Share on Google Plus

About Endah Laksmita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar