LAPORAN TUGAS 4



LAPORAN TUGAS 4
ENDAH LAKSMITA PUTRI (131110623)
MEMBUAT PESAN ERROR PADA FIELD YANG KOSONG
  1.       Pertama kita buat pesan error dengan menambahkan coding seperti dibawah ini pada file formmaba pada controller dengan menambahkan required dan akan otomatis menampilkan pesan error pada bagian header atas


  2.       kemudian tambahkan source code berikut untuk kondisi mengembalikan formmaba_view jika field tersebut kosong.


  3.       berikut adalah tampilan awal ketika user tidak mengisi field.


  4.       akan otomatis akan ditampilkan pesan error pada bagian atas yang menunjukkan bahwa field-fileld tersebut belum terisi atau tidak boleh kosong.





Untuk tutorial diatas memiliki kekurangan yaitu ketika suatu field kosong maka program akan men default semua field menjadi kosong, sehingga user harus mengetri datanya dari awak. Kali ini saya akan membuat field yang sudah diisi tidak kosong dan tetap ada datanya tanpa harus user menginputkan kembali semua yang kosong dan hanya field kosong saja yang diisi. Berikut caranya :
1.       ukup menambah kan beberapa coding pada “echo form_input('nama','','required');” untuk memberi pesan error pada field-field tertentu yang belum diisi tanpa menginputkan data lagi dari awal.


2.       ika salah satu field kosong makan akan otomatis tampil pesan error pada field tersebut, seperti pada gambar dibawah ini.




Share on Google Plus

About Endah Laksmita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar